Pages

Thursday, May 9, 2013

Beautiful Karangasem -day 1

Kata orang, wisata bawah laut nomor satu di Bali dipegang oleh Pulau Menjangan, diikuti Amed-Karangasem, dan yang ketiga adalah Nusa Lembongan.

Karena snorkeling di Nusa Lembongan udah pernah (cek http://febrinasilalahi-piakacangitem.blogspot.com/2012/12/1st-time-solo-traveler.html), jadi penasaran juga sama Amed dan Menjangan. Nusa Lembongan aja keren, kira-kira mereka sekeren apa yaa? *mupeng*

Kalo ke Menjangan, selain lokasinya jauh (4-5 jam) juga membutuhkan banyak massa (nyewa boat 330ribu, exclude perlengkapan snorkeling). Jadi pilihan pun jatuh ke Amed yang bisa ditempuh sekitar 2-3 jam dari Denpasar. Selain itu, keuntungan main ke Karangasem bisa sekalian menjelajahi tempat-tempat wisata yang lain :)

Tanggal 20 April siang-siang bolong saya dan Mira berangkat bareng Lady (masih inget 'kan sama skupi saya?). Kenalkan juga, Mira travel partner saya kali ini (http://miranandakurnianta.blogspot.com/). Dia adalah anak fisip yang 2 tahun lalu saya kenal saat ospek universitas. Kesukaan kami berdua akan jalan-jalan membuat kami travel bareng ke Karangasem. Oh iya, dia juga Putri Pariwisata Banyuwangi loh ;)

2 jam perjalanan dari Denpasar, kami tiba di Taman Ujung-Karangasem. Tempat ini juga biasa disebut Water Palace. Untuk masuk ke sana kami dikenakan 5 ribu rupiah.

Waktu itu di sana sedang ada syuting apa kaden gitu, yang kalau ditinjau dari tampang pemeran dan kostumnya kayaknya sih sinetron alay :p. Sayangnya, mereka berdiam di spot-spot bagus buat foto-foto and you know what it means...

Dari Taman Ujung kami menuju Tirta Gangga. Hmm seingat saya jarak di antaranya sekitar setengah jam bermotor gitu. Untuk masuk kesana dikenakan 5 ribu perorang juga kalo gak salah...

Banyak ikan di kolam Tirta Gangga :D

Tiba-tiba aja hari udah sore dan kami harus kembali melanjutkan perjalanan (Tirta Gangga-Amed 30 menitan). Memasuki Amed, mata kami dimanjakan dengan pemandangan bukit-bukit dan persawahan yang menurut saya termasuk kategori cantik banget dan bikin nostalgia sama gambar yang sering saya buat waktu kecil :"
Niat hati ingin mengabadikan lewat video, tapi gak rela mata saya gak menyaksikan langsung~

Beberapa hari sebelum hari H, kami juga udah browsing penginapan di Amed. Dari review pengunjung, Manis Homestay kedengarannya menarik. Setelah acara nego-nego via sms, kami mem-booked satu kamar semalam dengan tarif 120 ribu udah include breakfast.
Dan ternyata Manis Homestay lebih bagus dari ekspektasi ;)

Mereka memiliki 3 kamar dan karena saat itu low season, kami satu-satunya pengunjung

Kayaknya lagi musim ya kamar mandi tanpa atap~
Bu Manis, pemilik homestay ini, dan anak-anaknya amat sangat ramah dan selalu berusaha agar kami merasa nyaman. Aduh beruntung banget dah nemu homestay ini ;)
PS: kalo high-season, harganya bisa 300ribu-an.

Malamnya, kami memutuskan untuk survey agen snorkeling. Setelah muter-muter kesana-kemari, akhirnya tetap mengambil tawaran awal dari Manis Homestay yang udah termasuk: boat, guide, perlengkapan snorkeling+life jacket (yes, i CAN'T swim) dengan total 250 ribu untuk berdua. Kami juga dijanjikan best snorkeling spots di Amed. Lalala~

Setelah urusan gimana-besok-snorkeling selesai, saya dan Mira jalan-jalan sambil nyari makan malam. Suasana malam di Amed agak sepi (mungkin karena low-season ya) dan remang-remang karena gak ada lampu jalan.

Tentang tempat makan, yang paling banyak ya warung-warung bule gitu (warung yang harganya gak warung dan menu ala bule). Karena Mira punya target dapat kenalan orang asing selama perjalanan, kami pun nyari warung yang paling rame turis. Hm, tapi gak ada yang rame banget sih...

Warung yang dikelola seorang ibu merangkap koki dan suaminya yang polisi merangkap waiter. How sweet!
Mira dan dua gelas lassie yang lembut dan enakk rekomendasi bu koki
Masakannya mantap, tapi penyajiannya lama (wajar sih soalnya bu koki hanya seorang)
Kami pengunjung yang bertahan paling akhir~
Itu dia resume perjalanan kami di hari pertama. Masih akan ada lanjutannya :D